Kamis, 19 Januari 2012

An Apologize :)

Pagi ini cerah secerah mentari menyinari bumi.. *hallah.. :D

Menjalani rutinitas di pagi hari yaitu menjadi seorang guru TK dan itu adalah sebuah kewajiban :)

Hanya sedikit cerita saya sebagai seorang guru TK yang newbie bgt! Dan merupakan hal yang sangat baru, (*baru berjalan 8 bulan)


Cerita waktu istirahat tiba, saya menemui kepala sekolah di ruang kelas PAUD, untuk membicarakan tentang Program Tahunan, Semesteran, Mingguan dan Harian.. Lagi asyik ngobrol.. Seorang murid datang dengan setengah berteriak..

Selma : Bu guruuuuu.. Ada yang nangis.. Si farah.. Eh salah rafa buk, rafael nangis...

Saya: tunggu buk, saya keluar sebentar *keluar* siapa yang nangiiiss??

Defira: itu buk rafa..

*Utuk utuk utuk.. Ngedatengi Rafa yang lagi nangis*

Saya: kenapa kamu nangis? *nanya galak*

Rafa: ...................

Saya: *duduk disampingnya* kamu kenapa nangis? *nanya dg lembut*

Rafa: si Rafli ngetawain aku buk

Saya: diketawain kenapa?

Rafa: dia nakal, aku jatoh malah diketawain

Saya: kok malah nangis? Rafliii sini sini... Sini sebentar..

Rafli: *dari jauh* Rafa peliit buk gak mau kasih bola, td dya jatuh sendiri kok buk..

Saya: siniiiii.... Jelasin sama bu gurunya disini.. Gak dari jauh..

Rafli: *mendekat* tadi Rafa gak mau kasih bola buk, dia main sendiri, Rafa pelit buk.. *muka pengen nangis*

Saya: sini duduk sini

Rafli: *duduk di pangkuan saya*

Saya: *bicara dengan nada selembut mungkin* trus, Rafa jatoh kenapa kamu ketawain nak?

Rafli: abisnya dia pelit buk, aku kan juga pengen main bola, tapi gak pernah dikasih bola sama dya *nangis*

Saya: nak, kalau ada temannya yang jatuh gak boleh diketawain, harusnya di bantu buat berdiri, ngetawain temen yang lagi sakit itu perbuatan gak baik *menghapus air mata Rafli*udah anak cowok gak boleh nangis.. trus Rafa kenapa gak minjemin bola ke Rafli??

Rafa: .....................

Saya: kenapa gak jawab? Kita itu gak boleh pelit ya.. Kalau main itu samasama harus saling berbagi.. Gak boleh pelit pelit, nanti kuburannya sempit. Mau??

Rafa: enggak..

Saya: ya udah maafan dulu hayooo...

Rafli: *ngulurin tangan sambil nangis*

Rafa: *nutup mata sambil cengar cengir*

Saya: qo malah ketawa kamu? Ayooo minta maaf...Rafli udah ngulurin tangannya tuh ayooo..

Rafa: *cengar cengir*

Saya: Rafa. Ayoo maafan.. *narik tangannya dan salaman sama Rafli* naaahh gituuu doong..


Intinya.. Mengajarkan mereka untuk bisa saling bermaafan itu bukan perkara mudah dan sulit. Biasa saja memang, karena semua tergantung pribadi masing2...

Contoh Rafli, ketika disuruh bermaafan dia langsung mengulurkan tangan walau sambil.menangis, karna dia sadar bahwa menertawakan temannya ketika jatuh adalah hal yang tidak terpuji.

Sedangkan Rafa? Ketika di suruh bermaafan dia malah cengar cengir gak jelas, tidak tau apakah karena.malu, atau malah gengsi, atau hal ini di anggap lucu olehnya..

Mereka masih anak..

Bagaimana dengan kita yang sudah dewasa? Memaafkan itu adalah perbuatan mulia.. Butuh ikhlas yang luar biasa..

Bagaimana jika kita mencontoh bocah TK tersebut? Yang belum mengerti apa itu dendam, apa itu sakit hati, apa itu kesal, apa itu marah, apa itu kecewa, sehingga dapat dengan ringannya saling memaafkan.. :)

Please forgive me :)


Published with Blogger-droid v2.0.3

Tidak ada komentar: