Rabu, 18 Maret 2015

BUSSINESS

Alhamdulillah.. sekali lagi alhamdulillah.. dapat pekerjaan yang sesuai dengan passion dan punya usaha yang sesuai passion pula. Ntahlah.. saya termasuk orang yang tidak bisa diam, baik itu dalam kegiatan sehari-hari atau pun kegiatan kunyah mengunyah, hehehehe...

Bidang usaha itu banyak sekali ya pilihannya, mau usaha apa pun boleh asalkan halal ya.. tapi passion saya untuk usaha terkhusus pada bidang fashion, craft, dan makanan. Pertama belajar usaha itu kelas 3 SMA, saya coba-coba jualan gantungan kunci untuk handphone, bagaimana prospeknya? jangan ditanyaaaa.. yang beli cuma 1 orang, hahahaha. Selama 3 tahun di SMK saya belajar mata pelajaran kewirausahaan, alhamdulillah nilai kewirausahaan saya tidak pernah kurang dari angka 8.0, sampai pada akhirnya ketika saya duduk di kelas 3 SMK saya dan teman-teman diberi tugas berandai-andai membuat suatu usaha sesuai dengan passion masing-masing, mulai dari permodalan, manajemen, penjualan, perhitungan untung rugi, hingga bagaimana cara memotivasi karyawan-karyawannya untuk menjadi semangat dalam bekerja. Ketika disuruh presentasi, saya adalah orang pertama yang menawarkan diri untuk menjadi presentan pertama, setelah selesai presentasi guru saya berkata, "wahyu, lulus dari sini kamu mau kuliah?", saya jawab "iya pak", kemudian beliau berkata "setelah lulus kuliah, kamu harus buka usaha ya, kamu cocok untuk jadi wirausahawan". Saya kembali ke bangku duduk saya dengan jantung berdegup kencang, dan berkata dalam hati "saya harus jadi pengusaha, saya harus buka usaha sendiri, harus!!"

Alhamdulillah.. perlahan-lahan ketika kuliah saya mencoba untuk berjualan, ketika kuliah D3 saya berjualan gorengan buatan ibu di kampus, saya jualkan gorengan tersebut ke teman-teman saya sebagi sarapan pagi. Alhamdulillah hari pertama jualan, habiiiiiiiiiiissssss semuaaaa.. *terimakasih teman-teman :) Awalnya diamanahi oleh ibu saya untuk menjualnya seharga Rp.500/pcs, tapi yang saya lakukan adalah menjualnya dengan harga Rp.2000/3pcs, saat saya bawa pulang uangnya kerumah, ibu nanya "kok uangnya banyak banget yuk?", aku jawab "iya buk aku jual dua rebuan 3", ibu ku kaget mendengarnya. Dua bulan sudah aku jualan gorengan dikampus, harga gorengannya aku naikan menjadi Rp.1000/pcs, teman-teman komplain karena harga gorengannya naik, trus aku jawab "harga tepung mahal bro, harga minyak mulai naik, tapi bro rasa mah gak berubah, malah ini digedein dikit gorengannya". Banyak yang beli, banyak pula yang hutang, mau nagihin gak enak, kasihan mereka anak kosan dan jauh dari orang tua, bahkan ada yang beli hari ini minggu depan baru bayar.. duuhh duuhh duuuhh...

Ketika kuliah di program sarjana, aku kembali berjualan tapi bukan jualan gorengan hehehehe... profesi ku beralih menjadi tukang dagang pulsa elektrik. Keuntungan yang sedikit dengan keribetan yang banyak, apalagi kalau sudah malam, di sms-in sama temen malem-malem (waktunya tidur) hanya untuk "yuk beli pulsa dong yang 5rb aja, besok gue bayar". Jualan pulsanya hanya berjalan kurang lebih 1 tahun saja. Selepas berjualan pulsa, saya mencoba berjualan Bross, pernak pernik untuk pengguna hijab, kebetulan di kampus saya mayoritas mahasiswi nya menggunakan jilbab. Alhamdulillah.. ternyata usaha dibidang craft ini membuat saya dapat orderan yaaaahh alhamdulillah buat nambah-nambahin uang jajan. Sembari jualan bross saya juga jualan jilbab, jilbabnya saya pasarkan ke bengkulu, kebetulan kakak saya seorang guru jadilah saya suruh dirinya menjualkan jilbab-jilbabnya ke guru-guru yang lain.

Berjualan jilbab nya hanya bertahan 1 tahun saja, tapi berjualan bross nya berlanjut, walau sepi peminat, hehehehe, dikarenakan mulai sepi peminat dan kebetulan perkuliahan sedang ribet dengan program KKP (Kuliah Kerja Profesi) dilanjutkan lagi dengan bersibuk ria skripsi, saya mencoba peruntungan dibidang kerjinan tangan yang lainnya yaitu membuat boneka wisuda dari flanel. Alhamdulillah sekali, penjualan boneka wisuda nya masih berjalan sampai sekarang, bahkan sekarang berkolaborasi dengan teman ketika di program sarjana. Silahkan cek IG @sayhellosugar Kolaborasi ini baru berjalan 1 bulan, dan alhamdulillah kami sudah mendapatkan gaji pertama kami. 


Foto-foto tersebut merupakan produk-produk hasil karya kami berdua,dan foto yang terakhir adalah foto ketika kami membuka lapak di acara wisuda di kampus tercinta. Bermodalkan Bismillah kami membuka usaha ini, dengan saling mengisi rasa saling percaya. Sekali lagi bismillah, berharap usaha ini tetap terus ada, terus berkembang, dan terus berinovasi. just say.... Hello Sugar Craaaaffftt.. keep going to be creative crafter !! Bismillah.. :)

Tidak ada komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini